Demonstran Serbu Kantor Pemerintah China

Artikel Terkait:Kompas. Selasa, 18 November 2008

BEIJING, SELASA – Sekitar 1.000 demonstran menyerbu sebuah markas Partai Komunis lokal di China barat laut. Para demonstran melempari beberapa mobil dan terlibat bentrokan dengan polisi menyusul terdapat ketidakpuasan warga terhadap penyelesaian sengketa tanah di wilayah tersebut.

Sekitar 60 orang diantaranya pengawai pemerintah, polisi, dan demonstran mengalami cidera dalam kerusuhan itu. Aksi unjuk rasa semula dimulai oleh sekelompok kecil orang yang mengeluhkan perusakan rumah mereka untuk pembangunan jalan baru di Longman, provinsi Gansu.

Jumlah demonstran terus bertambah hingga mencapai 1.000 orang. Setelah diprovokasi oleh sejumlah kecil demonstran, beberapa orang mulai menyerang gedung kantor pemerintah dan beberapa stafnya.

Sejumlah demonstran menyerang petugas polisi dan pegawai pemerintah dengan batu, pipa baja serta batu bata. Demonstran juga membakar sejumlah sepeda motor, sepeda serta beberapa gedung.

Setelah tak berhasil mencoba menenangkan massa, polisi akhirnya mengambil tindakan tegas untuk membubarkan mereka. Aksi unjuk rasa marak terjadi di China untuk menentang penyitaan tanah dan pejabat yang korupsi.

Aksi unjuk rasa yang dilatarbelakangi oleh penyitaan tanah marak terjadi di China. Karyawan pemerintah lokal sering menyita tanah untuk pembangunan proyek perumahan dan infrastruktur dengan ganti rugi yang minim atau tak dibayar sama sekali.

Demonstran Serbu Kantor Pemerintah China

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s